Sedentary Lifestyle

Bahaya yang Mengintai Kesehatan Kaum Rebahan

Siapa disini yang suka bermalas-malasan dirumah? Itu adalah salah satu tanda bahwa kamu termasuk kaum rebahan.

Rebahan di waktu senggang memang menyenangkan, tapi apakah kamu tahu ternyata dibalik kenikmatan bermalas-malasan itu memiliki dampak yang buruk untuk diri kamu? Yuk cari tahu alasannya disini!

Apa Itu Sedentary Lifestyle atau Rebahan

Sedentary lifestyle atau rebahan adalah gaya hidup yang dimana seseorang akan melakukan sedikit atau tidak ada aktivitas fisik yang dilakukan sehari-hari.

Biasanya, mereka yang termasuk kaum rebahan ini sering duduk atau tiduran dalam waktu yang lama hanya untuk menonton tv, bermain game, membaca, atau hanya bermalas-malasan saja.

Bahkan, berdasarkan laporan global yang kami temukan, sebanyak 47% orang dewasa menghabiskan rata-rata duduk atau rebahan per hari sebanyak 4,7-6,5 jam per hari. Jumlah waktu yang mereka habiskan ini meningkat setiap tahunnya.

Sedentary lifestyle memang menyenangkan, tapi gaya hidup seperti ini dapat menimbulkan bahaya kesehatan, seperti:

Bahaya Kesehatan Untuk Kaum Rebahan:

  • Obesitas,
  • Tekanan Darah Tinggi,
  • Kolesterol tinggi,
  • Penyakit Jantung,
  • Stroke,
  • Diabetes tipe 2,
  • Osteoporosis,
  • Sindrom Metabolik,
  • Bahaya kanker,
  • Dan meningkatkan rasa depresi dan kecemasan.

Tanda-Tanda Kamu Termasuk Kaum Rebahan

1. Mager Nomor Satu

Hayo, siapa yang sering duduk-duduk atau tiduran saja sambil bermain game atau streaming online? Memang enak sih nonton film, sambil tidur-tiduran, plus ngemil popcorn. Mantap, pokoknya!

Tanda-tanda Kaum Rebahan

Menghabiskan waktu me time memang penting, tapi terlalu sering rebahan tidak baik untuk kesehatan dan pengembangan diri kamu. Yuk, mulai sekarang mulai ganti gaya hidup kamu!

2. Rebahan Lebih Dari 30 Menit

Kemudian, kamu pasti tahu bukan, kalau dalam satu hari itu ada 24 jam? Dari 24 jam itu, setidaknya kamu menghabiskan 8 jam untuk tidur, jadi sisa waktu 16 jam itu adalah waktu yang bisa kalian habiskan untuk produktif.

Coba, jika kamu menghabiskan 50% dari waktu 16 jam itu untuk bermalas-malasan saja. Pasti kamu sering bukan bertanya “gila, hari ini gua ngapain aja, ya?”

3. Daya Ingat Melemah

Bukan hanya tubuh saja yang memerlukan olahraga, otak kamu juga butuh.

Berdasarkan penelitian PLOS One, bermalas-malasan dapat menyebabkan daya ingat melemah karena area otak yang bertanggung jawab akan memori, yaitu lobus temporal medial mengalami ketumpulan.

Cara satu-satunya supaya daya ingat berjalan dengan baik, kamu harus rajin berolahraga seperti melakukan aerobik, treadmill, dan olahraga lainnya yang dapat membantu masalah kognitif otak kamu.

Kaum Rebahan, Yuk Mulai Ubah Gaya Hidup 

Setelah membaca artikel ini, kamu pasti sudah tahu bukan bahaya yang mengintai kamu di masa depan? Maka dari itu, yuk mulai sekarang ganti pola gaya hidup dan membiasakan diri untuk berolahraga minimal 30 menit sehari.

Share:

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

On Key

Related Posts

Content Writer

Kenalan Dengan Profesi Content Writer

Jika kamu punya hobi menulis dan memiliki cita-cita menjadi penulis profesional, makan profesi yang satu ini cocok untuk kamu. Yes, kamu bisa menjalani profesi content

Harga Spesial!

Dapatkan diskon hingga 10% untuk pemesanan artikel SEO untuk klien pertama!