Content Writer

Kenalan Dengan Profesi Content Writer

Jika kamu punya hobi menulis dan memiliki cita-cita menjadi penulis profesional, makan profesi yang satu ini cocok untuk kamu. Yes, kamu bisa menjalani profesi content writer!

Menjadi penulis konten sangatlah menarik. Meskipun terlihat mudah, tetapi menulis sebuah artikel yang disukai oleh pembaca sangatlah susah. Dibutuhkan latihan menulis artikel , wawasan yang luas dan disiplin untuk menjadi seorang content writer.

Sebelum saya menjelaskan secara detail, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu content writer.

Apa itu Content Writer?

Content writer adalah orang yang memiliki keahlian penulisan yang menarik. Tugas mereka adalah membuat artikel-artikel yang biasa kita baca di blog website, konten media sosial, atau copy apapun yang biasa kita temukan secara online di internet.

Dikutip dari Get Craft, penulis konten atau content writer harus memiliki kemampuan dalam menyebarkan informasi, mengedukasi dan menarik perhatian audiens yang disasar.

Biasanya, seorang content writer bekerja sama dengan seorang editor untuk melakukan pengecekan tulisan dan sumber data.

Seorang freelancer content writer biasanya tidak memerlukan seorang editor untuk membantu pekerjaan mereka, karena mereka sudah memiliki pengalaman yang lama dan bisa menyelesaikan masalah mereka sendiri.

Karier Content Writer

Kamu tidak perlu khawatir, menjadi content writer memiliki jenjang karir yang panjang dan akan selalu di butuhkan oleh perusahaan-perusahaan.

Berdasarkan Upwork, ada beberapa jenis content writer, di antaranya adalah:

Jenis-Jenis Profesi Content Writer

SEO Content Writer

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Singkatnya, SEO ini yang membantu website perusahaan muncul di halaman pertama mesin pencarian atau biasa kita menggunakan Google.

Tugas seorang SEO content writer adalah menulis sebuah konten artikel yang sesuai dengan kata kunci atau keyword yang sebelumnya sudah dilakukan analisanya.

Kata kunci tersebut membantu artikel yang kitabuat muncul di halaman mesin pencarian yang hasilnya bisa mendapatkan banyak pengunjung dan traffic rate hingga penjualan.

Profesi yang satu ini paling banyak di gandrungi oleh anak-anak muda. Karena, profesi ini tidak harus bekerja di dalam perusahaan, mereka juga bisa menjadi freelancer dengan memberikan jasa SEO content writer ataupun Konsultan SEO.

Ada banyak perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan seorang SEO content writer freelancer untuk membuat artikel yang sesuai dengan kata kunci yang mereka inginkan untuk di website mereka.

Jurnalistik

Ya, seorang jurnalis juga bisa dikatakan sebagai content writer.

Dulu, jurnalistik dikenal sebagai penulis berita yang bersifat formal, profesional, dengan konten yang berdasarkan fakta, valid dan berkualitas. Biasanya kita baca tulisan mereka di koran-koran.

Tetapi, sekarang para jurnalis juga bisa membuat tulisan dalam bentuk entertainment yang bertujuan untuk menghibur para pembaca di dalam situs berita online ataupun situs website entertainment.

Generalist

Content writer generalist biasanya memiliki kemampuan untuk membuat sebanyak-banyaknya konten artikel dengan tema yang berbeda-beda, menarik dan berkualitas. Mereka biasanya menulis konten dengan tujuan untuk menciptakan kesadaran merek terhadap calon pelanggan.

Technical

Technical writer adalah penulis yang memiliki pengetahuan yang cukup tinggi dalam memberikan informasi dan keahlian dalam penulisan yang mudah dimengerti oleh orang awam.

Biasanya mereka membuat manual guide produk yang biasa kita temukan pada saat membeli barang elektronik ataupun di website produk tersebut.

Social Media

Kalau kamu aktif di media sosial, pasti pernah dong baca tulisan-tulisan di carousel Instagram, atau caption-caption di Facebook dan lain-lain?

Tulisan-tulisan tersebut merupakan hasil karya dari content writer.

Bedanya menjadi content writer untuk media sosial dengan jenis content writer yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu dituntut untuk berpikir lebih kreatif, unik, dan mengikuti tren terbaru yang lagi hits.

Biasanya, cara penulisan media sosial content writer ini menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak-anak muda disertai dengan gambar-gambar yang menarik.

Tanggung Jawab Content Writer

 Dikutip dari sumber Digital Vidya,  berikut adalah beberapa tanggung jawab content writer.

Mengembangkan tulisan Headline dan Body Artikel

Tugas utama seorang content writer harus bisa membuat Headline yang menarik dan konten artikel yang memiliki kualitas yang berbeda dari kompetitor.

Memperkenalkan fakta yang tepat

Dalam menulis artikel, content writer harus memberikan fakta yang berkualitas dan valid untuk dibagikan atau di unggah secara online di blog, website atau media sosial.

Melakukan brainstorming dengan tim untuk mendapatkan ide yang bagus.

Meskipun terdengar seperti bisa bekerja seorang diri, content writer juga membutuhkan bantuan tim atau divisi lain untuk mendapatkan topik artikel yang bagus.

Kamu harus ingat, meskipun kamu melakukan riset dan analisis kompetitor, kamu tidak boleh mengcopy tulisan mereka.

Kamu boleh menggunakan topik yang sama, tetapi dengan poin-poin berbeda dan kualitas isi yang berbeda juga.

Membangun relasi di sosial media

Kamu bisa membagikan link situs blog pribadi kamu atau website perusahaan kamu di media sosial.

Dengan berbagi link artikel kamu, kamu bisa mendapatkan pengunjung dan juga traffic rate ke situs website kamu.

Mengambil inspirasi dari konten inovatif lainnya

Meskipun kamu memiliki produk atau jasa yang berbeda dari perusahaan lain, kamu tetap bisa mengambil inspirasi dari konten-konten yang mereka buat, membuat konten dengan isi yang berbeda dan tujuan yang berbeda.

Sebagai content writer kamu harus terbiasa menulis artikel yang berbeda dan gaya tulis yang berbeda. Setiap konsumen memiliki cara pendekatan yang berbeda-beda. Ada yang ingin percaya dengan suatu merek karena terlihat “Profesional” ada juga yang percaya dengan satu merek karena terlihat “Ceria”.

Jadi, biasakan diri kamu untuk berlatih menulis artikel dengan gaya tulis yang berbeda.

Keuntungan Menjadi Content Writer

Lebih Pintar

Keuntungan pertama yang akan kamu rasakan ketika menjadi seorang content writer adalah wawasan yang luas.

Bagaimana tidak?

Kamu bertugas membuat banyak sekali konten-konten artikel dengan tema yang berbeda-beda. Terlebih lagi jika kamu menulis artikel yang berisi dengan banyaknya informasi dan edukasi. Pastinya kamu akan melakukan riset terlebih dahulu, bukan?

Riset, riset, riset, dan banyak membaca membuat kamu tidak sadar bahwa kamu belajar banyak hal yang memberikan kamu wawasan yang sangat luas.

Lebih Kreatif

Profesi content writer

Kamu juga bisa menjadi lebih kreatif sebagai content writer.

Tugas kamu sebagai penulis adalah bagaimana cara mendapatkan pembaca menyukai tulisan yang kamu tulis.

Maka dari itu, kamu harus berpikir out of the box untuk memikat calon pembaca menyukai tulisan karya kamu.

Lebih Komunikatif

Terbiasa menulis artikel seperti seakan-akan berbicara dengan orang lain akan membantu kamu dalam berkomunikasi baik secara verbal maupun non-verbal.

Keuntungan ini saya dapatkan ketika menjadi seorang content writer yang dimana saya harus melakukan riset, lebih banyak membaca, berdiskusi dengan divisi lain di kantor, interview, dan sebagainya. 

Kemampuan berkomunikasi, gaya berbicara, nada bicara saya turut ikut meningkat.

Pahlawan Bagi Semua Orang

Satu hal yang mungkin kamu tidak pernah terpikirkan oleh kamu. Menjadi seorang content writer berarti menjadi “Pahlawan”.

Iya, profesi sebagai penulis konten atau content writer bisa menjadi seorang “Pahlawan” dengan membuat artikel-artikel dan mengunggahnya di  social media, blog pribadi dan media lainnya yang biasa kamu gunakan.

Kenapa?

Sekarang kalian pikirkan, di Indonesia kesenjangan sosial sangat ketara, ada banyak sekali anak-anak muda di Negara tercinta kita ini tidak dapat mengenyam pendidikan yang layak. Ada banyak anak-anak di Indonesia yang tidak bisa Bahasa Inggris sama sekali.

Dengan kita membuat sebuah artikel konten yang berisi informasi dan edukasi, menyampaikan ulang artikel Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti oleh orang awam, saya jamin, hasil artikel-artikel kamu akan disukai oleh banyak orang dan akan selalu di nanti-nanti orang-orang.

Uang Jajan Tambahan

Hal terakhir yang menjadi keuntungan menjadi seorang content writer adalah kalian bisa mendapatkan uang jajan tambahan dari hasil menulis artikel kalian.

Biasanya, penulis konten membuka jasa freelancer untuk menulis artikel untuk website perusahaan, atau menjadi ghost writer. Tugas mereka bermacam-macam, ada yang harus membuat artikel sesuai dengan focus keyword, mengedukasi konsumen, membuat artikel yang sesuai dengan persona brand dan lain-lain.

Jasa freelance ini semakin popular dalam 5 tahun belakangan ini. Terlebih lagi, menjadi freelance merupakan salah satu cara bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan uang jajan tambahan dan menambah pengalaman kerja untuk jenjang karier mereka.

Hanya dengan memasarkan jasa tulisan di internet, para mahasiswa sudah dapat kerja untuk menulis sebuah artikel.

Itulah penjelasan mengenai profesi content writer, apakah kamu tertarik masuk ke profesi ini?

Yuk, mulai dari sekarang belajar menulis artikel yang baik. Dibutuhkan kesabaran, ketekunan dan kedisiplinan diri untuk bisa menjadi penulis yang handal.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

1 komentar untuk “Kenalan Dengan Profesi Content Writer”

  1. Hello, did you know that there are 241,120 internet directories in the world.

    These websites are what drive traffic to YOUR business.

    Want more traffic? Want more Sales? We can help – today.

    Your website deardeer.id is listed in only 14 of these directories.

    Get more traffic for your Indonesia audience.

    Our automated system adds your website to all of the directories.

    You can find it here: getlisted.directory/deardeer.id

    Act today, and we will expedite your listings and waive the processing charge!

    We have a special going on. Use “FRIENDS” on checkout for a 50% discount valid today.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

On Key

Related Posts

Content Writer

Kenalan Dengan Profesi Content Writer

Jika kamu punya hobi menulis dan memiliki cita-cita menjadi penulis profesional, makan profesi yang satu ini cocok untuk kamu. Yes, kamu bisa menjalani profesi content

Harga Spesial!

Dapatkan diskon hingga 10% untuk pemesanan artikel SEO untuk klien pertama!